Seberapa pun bagus produk dan seberapa efisien sistem bisnis kita tetapi ketika tidak ada penjualan maka tidak ada bisnis.
Bila mungkin dan efektif menarik customers, coba tawarkan keuntungan-keuntungan lain yang diperoleh jika membeli produk kita.
Margin (gross profit) akan bagus jika harga jual cukup tinggi dan biaya pokok cukup rendah. Tinggi rendahnya harga pokok dipengaruhi oleh skala ekonomi dan efisiensi proses. Untuk bisnis dengan persaingan yang ketat di mana margin tidak bisa dipatok tinggi, maka jalan mencapai keuntungan adalah dengan volume penjualan dan penghematan.
Resiko komplain atau retur akan kecil ketika menerapkan kontrol kualitas yang bagus dan informasi yang jelas tentang cara kerja produk yang kita jual. Untuk menghindari tuntutan dari customer, sebaiknya kita mencantumkan disclaimer, yaitu pernyataan lepasnya tanggung jawab bisnis atas pemanfaatan produk secara tidak sebagaimana mestinya.
Ketika semua hal di atas dirangkum maka kita bisa lihat bahwa ada 2 aktivitas utama dalam bisnis, yaitu:
- Penjualan: persuasi/promosi, negosiasi dan delivery ke customers.
- Sistem bisnis: semua rangkaian kegiatan yang mendukung terjadinya penjualan (alur proses bisnis dan keterkaitan antar bagian, manajemen persediaan, manajemen kas, manajemen sumber daya manusia, sistem pelaporan keuangan).
Sistem yang bagus artinya ada kontrol yang ketat untuk mengamankan aset perusahaan, tetapi masih memungkinkan fleksibilitas bisnis untuk melayani konsumen dan untuk berkembang. Kontrol dan kenyamanan adalah 2 hal yang bertolak belakang (trade off) sehingga harus dikelola dengan hati-hati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar