Jumat, 04 November 2011

Jasa pembukuan penuh manfaat

Akuntansi adalah seni menginterpretasikan, mengukur, mengklasifikasi dan menyajikan aktivitas keuangan dalam sebuah laporan keuangan.

Laporan keuangan yang paling dikenal adalah laporan laba rugi dan neraca. Kedua laporan inilah yang dianggap menggambarkan kinerja bisnis. Padahal secara standar, masih ada 3 laporan keuangannya lainnya yang tidak kalah penting, yaitu: laporan arus kas, laporan perubahan modal, dan catatan atas laporan keuangan.

Penyajian laporan keuangan bertumpu pada konsep pembukuan berpasangan (double entry bookkeeping), sehingga digunakan istilah debit dan kredit. Debit dan kredit bukan berarti tambah atau kurang, melainkan hanya sekedar istilah agar dalam setiap pencatatan atas transaksi keuangan terjadi keseimbangan, yaitu jumlah debit harus sama dengan jumlah kredit.

Bagi orang awam, pencatatan bisnis biasanya hanya satu sisi (single entry bookkeeping) dan cenderung hanya berdasar uang masuk dan uang keluar (cash basis). Kelemahan sistem ini adalah bahwa tidak setiap pengeluaran uang adalah biaya; dan tidak setiap penerimaan uang adalah penghasilan. Dengan hanya melihat laporan uang kas masuk dan keluar, kita dapat salah mengerti mengenai kinerja perusahaan yang sesungguhnya; karena tidak terlihat berapa untung atau rugi sebenarnya. Laporan uang masuk dan uang keluar (=Laporan Arus Kas) hanya menunjukkan besarnya defisit atau surplus kas.

Oleh karena itu, sangat baik apabila pelaporan keuangan (pembuatan & pengembangan sistem keuangan, jasa pembukuan) diserahkan kepada konsultan.

Manfaat menggunakan konsultan antara lain:
1. Laporan keuangan lebih bisa dipercaya; karena konsultan yang baik sudah berpengalaman dalam pembuatan sistem dan penyusunan laporan keuangan. Laporan bisa dipercaya artinya cukup handal untuk dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis.

2. Biaya untuk menyewa konsultan relatif lebih murah dan pasti, dibandingkan dengan merekrut karyawan dengan dengan level yang setara konsultan. Biaya karyawan minimal meliputi gaji, tunjangan, jaminan sosial dan ada juga THR serta bonus. Sementara biaya konsultan murni terkait jasa saja.

3. Pemilik bisnis bisa fokus memikirkan pengembangan bisnis, karena pembukuan dan sistem kontrol bisnis sudah disiapkan oleh konsultan. Perkembangan bisnis menjadi lebih besar pun lebih terbuka dan tetap terkendali.

**

Konsultan yang baik adalah yang mempunyai gelar profesional.Gelar profesional artinya diperoleh melalui pendidikan/ujian profesi.

Sekedar info:

- Jasa pembukuan/accounting service dan sistem keuangan bergelar S.E. Ak. (Sarjana Ekonomi - Akuntan)
- Konsultan pajak bergelar BKP (Bersertifikat Konsultan Pajak)
- Auditor eksternal bergelar BAP (Bersertifikat Akuntan Publik) atau CPA Indonesia.
- Internal Auditor bergelar CIA (Certified Internal Auditor)
- Penasehat investasi / analis investasi sebaiknya yang bergelar CFA (Certified Financial Analyst)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar