Senin, 17 Februari 2014

Budgeting

Budget (anggaran) adalah rencana bisnis perusahaan yang disajikan dalam bentuk angka untuk periode tertentu, biasanya satu tahun yang dipecah lagi menjadi bulanan atau kuartalan.


Budgeting artinya merencanakan hasil laporan keuangan sesuai target kinerja dan prediksi kondisi bisnis di masa depan.



Mengapa budget perlu dibuat?
> sebagai alat komunikasi target pertumbuhan bisnis perusahaan.
> sebagai panduan dalam alokasi sumber daya perusahaan yang terbatas. Adanya budget akan meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya.
> sebagai alat ukur kinerja tiap bagian di perusahaan, dibandingkan dengan pencapaiannya. Banyak perusahaan yang menjadikan pencapaian budget sebagai dasar pembagian bonus karyawan.
> bisa berfungsi sebagai early warning system terkait ketidakberesan pengelolaan keuangan dan operasional perusahaan. Setiap penyimpangan (variance) dari budget harus dijabarkan dengan analisis yang jelas dan masuk akal.


Cara pembuatan budget pada dasarnya dibagi menjadi dua, yaitu:
1. metode top down. Artinya target perusahaan ditentukan oleh top management kemudian dijabarkan menjadi target departemen dan target unit-unit bisnis dibawahnya.
2. metode bottom up. Metode ini disebut juga metode partisipatif. Proses dimulai dari unit bisnis terbawah di perusahaan dan secara berjenjang ke atas sampai kemudian menjadi target perusahaan.


Pada umumnya perusahaan menggunakan kombinasi dari dua metode di atas.